seberapa besar peran seo dalam bisnis online ?

seberapa besar peran seo dalam bisnis online ? tentu sangatlah besar , karena peran seo terhadap web / situs seperti halnya dapat kita bayangkan bila kita memiliki sebuah toko yang posisinya dipinggir jalan yang ramai /stategis sehingga banyak orang yang berkunjung ke toko kita, cuma yang jadi pertanyaan apakah setiap pengunjung sudah pasti akan membeli produk yang kita jual ?
dalam dunia bisnis online dikenal istilah konversi, sejauh mana persentase pengunjung melakukan transaksi di web kita , 2%, atau bahkan lebih ? semakin banyak pengunjung semakin besar pula potensi transaksi yang terjadi itulah peran seo (Search Engine Optimization)  walaupun adakalanya banyak pengunjung tetap tidak ada transaksi.
artinya pengunjung tidak selalu sama dengan pembeli, masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi terjadinya transaksi selain peran seo yang sebetulnya hampir sama dengan transaksi offline, karena sesungguhnya transaksi online itu sebatas "pintu masuk" saja, selebihnya tentu membutuhkan sinergi dari semua faktor, antara lain ;

  1.  kemudahan bertransaksi : kemudahan memilih produk, fasilitas kernjang belanja sampai teknis pembayaran dan pengiriman barang ( terutama untuk produk-produk ready stock) baju, buku dll.
  2. Kepercayaan : dalam setiap jenis bisnis apapun sangat membutuhkan kepercayaan, adanya referensi / testimoni sangatlah mendukung.
  3. variasi produk : makin banyak variasi produk makin memberikan banyak pilihan bagi konsumen dalam membeli produk
  4. kualitas barang : tentu kita sebagai pedagang harus menjaga kualitas produk dagangan kita agar tidak di cap penipu, juga menambah kredebilitas kita di pasar online 
  5. variasi harga dan discount : memberikan pilihan dari harga terendah dan harga tertinggi / disesuaikan dengan kualitas serta adanya pemberian discount juga dapat merangsang terjadinya transaksi.
  6. pelabelan harga : seperti halnya sebuah mall tentu semua produk-produk yang ditawarkan sudah di labeli harga yang jelas agar pengunjung/pembeli mudah mengetahui harga produk,tetapi untuk produk-2 tertentu / home industri/ industri kreatif terkadang tidak mencantumkan harga menjadi pilihan yang lebih baik, sudah kita ketahui pembeli biasanya berkeliling untuk memilih model, kualitas dan harga yang terjangkau.pencantumann lebel terkadang hanya menjadi ajang pembanding harga tanpa ingin mengetahui kenapa harga itu terjadi, sebagai contoh sebuah produk dengan model yang sama terpampang di online itu akan sulit mengenalinya mana yang asli atau mana yang kualitas komponennya lebih baik yang akhirnya harga produk kita lebih tinggi dari harga dipasaran, dalam situasi seperti ini akan lebih tepat bila kita tidak mencantumkan harga, ini akan mensortir mana pembeli yang tertarik dan akhirnya membuka peluang komunikasi dan transaksi,
  7. pelayanan / service : sama halnya dengan toko offline, dalam bisnis apapun tetap ada unsur pelayanan, komunikasi yang baik , sopan, menyenangkan, tentu akan cepat diterima oleh konsumen dari pada bersikap dingin / ketus. ingat pepatah "pembeli adalah raja".
Demikianlah sedikit pengalaman yang bisa kami sampaikan, bila pembaca merasa ada point-point yang perlu ditambahkan ? sudi kiranya untuk menambahkan di kolom komentar, terima kasih.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

hal penting memulai usaha bagi pemula