peluang bisnis toko online dan offline

peluang bisnis toko online dan offline  bila digabung sangatlah besar, kali ini saya ini berbagi sedikit pengalaman dari teman saya yang sebelumnya memiliki toko online dan baru 20 hari memiliki toko offline di sebuat pertokoan , mungkin pengalaman ini tidak bisa langsung diterapkan buat orang lain, tapi paling tidak bisa dibuat rujukan karena menyewa sebuah toko /offline tentu harus memeiliki modal yang kuat, biaya sewa dan stock barang tentu harus dipikirkan, juga kesiapan tenaga kerjanya.
awal usaha menggunakan toko online dengan fasilitas bb, facebook dan blog, produk yang dijualnya adalah busana muslim dan anak-2, begitu sudah terlihat banyak transaksi mulai terpikirkan untuk menyewa kios, dimana pertokoan ini sudah lumayan ramai PGS (Pasar Grosir Solo), menyewa dalam masa promo bisa dibayar 1/2 tahun dulu, dilingkungan yang produk jualannya hampir sama, yang menarik adalah dengan dia menyewa satu los / ruang toko hampir sama saja dia menyewa 4 atau lebih toko ( sewa 1 dapat 4) , mungkin anda akan bertanya, kok bisa?

tentu bisa, karena ternyata dalam satu blok itu hampir semua pedagangnya selain menyewa toko secara offline mereka juga berjualan secara online dan sesama pedagang ini juga saling memasarkan produk tetangganya baik secara online maupun offline, sehingga bila kita sewa toko seperti ini sama saja kita mendapatkan satu buah toko dengan  macam produk yang makin bervariasi, karena kita bisa menjual dagangan yang ada ditoko kita sendiri ataupun yang di toko tetangga kita.
ini adalah perpaduan toko online dan offline, pasar nyata dan maya, dua kekuatan pasar yang besar yang bila dipadukan akan memberikan potensi transaksi yang besar pula,selamat berbisnis online, tetap semangat.  

Komentar

  1. Jualan emang sekarang mesti online juga ya, nggak bisa hanya andalin offline

    BalasHapus
  2. Tambahkan video pasti lebih menarik lagi :)

    BalasHapus
  3. Faktor yang cukup penting dalam membangun bisnis toko online adalah kredibilitas kita sebagai internet marketer. Semakin tinggi kredibilitas kita ya semakin besar peluang mendapatkan konsumen dalam jumlah besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bung sanjaya, terima kasih atas masukannya...

      Hapus

Posting Komentar

poskan komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati