fenomena jokowi, ahok dan mimin

saat ini nama jokowi dan ahok begitu sering terdengar, menjadi pembicaraan semua kalangan, walau mereka adalah gubernur DKI jakarta tetapi sepak terjangnya selalu menjadi perhatian semua orang, sampai orang indonesia yang berada diluar negeripun mengikutinya.
duet pimpinan jakarta ini memang mengakui membuat akun di youtube dan sengaja mengupload semua kegiatan pemda DKI dengan harapan terbentuk transparansi kegiatan pemda dan mudah diikuti oleh warganya, sejauh mana perkembangan pembangunan yang akan, sedang dan telah terjadi, yang menarik ternyata disamping ketenaran kedua pejabat publik ini sering sekali ada sebuah nama yang disebut -sebut oleh para komentator video pemda di youtube ini, dia adalah mimin...!

siapakah si mimin ini? apakah ada cinta segitiga diantara mereka? ternyata semua dugaan itu salah teman-teman.., mimin adalah panggilan sayang para komentator di youtube kepada admin yang mengelola dan mengunggah video kegiatan pemprov DKI ini , akun dari admin / mimin pemda DKI ini adalah pemprovdki
ya nama mimin menjadi begitu akrab bagi para penonton video kegiatan pemprovdki di youtube, banyak kalimat-kaliman lucu yang menyapa si mimin ini, mana min, upload video yang terbarunya..., atau terima kasih min karena sudah mengunggah video ini, dan lain sebagainya.
Fenomena jokowi, ahok dan mimin meluas ke antero indonesia banyak nilai positif yang dapat kita temukan disini, yang paling sederhana adalah, mereka berusaha menunjukan transparasi pada masyarakat luas, secara tidak langsung membuat masyarakat lebih familier dengan online, menggunakan TI sebagai media informasi yang murah dengan jangkauan yang hampir tidak terbatas, bahkan kumpulan video yang telah diunggah ini akan menjadi catatan yang "abadi" bagi siapa saja yang ingin membukanya kembali, dan bila dalam masa kepemeimpinannya beliau dinilai berhasil, maka kumpulan video di youtube ini adalah "senjata"yang ampuh bagi kampanye lima tahun kedepan dengan biaya yang sangat murah , sebagai gubernur jakarta periode ke dua maupun sebagai presiden RI, disini jokowi baik secara sengaja atau tidak sudah mengambil satu langkah kedepan "berkampanye", ini sebuah kemenangan strategi , saya pribadi tidak berani menilai ini sebagai sebuah pencitraan, ini saya nilai sebatas upaya membentuk transparasi komunikasi saja, yang memang efeknya bisa meluas ke banyak hal dan itu sah-sah saja.
ada baiknya para pemimpin daerah dimana saja untuk meniru pola komunikasi seperti ini, kita bisa banyangkan akan banyak video  dari daerah terpencil yang akhirnya diketahui oleh masyarakat luas, baik bersifat promosi kekayaan alam atau budaya, permasalahan sosial dan banyak lagi, semua dapat diangkat dan dengan itu diharapkan akan muncul kepedulian baik dari warga lokal maupun dari daerah lain, dan akhirnya peningkatan taraf hidup dapat diharapkan karena akses informasi makin mudah. keberadaan jokowi ahok semoga dapat memberikan "jokowi efek" bagi daerah lain dan tidak salah juga kalau nanti ada sebutan baru bagi NKRI yaitu "Republik youtube", tidak masalah asal semua demi kebaikan bersama. wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati