Link offline dan link online / pentingnya sebuah komunitas
Di dunia online, blog/web sudah biasa mendengar istilah link, build link, membangun jaringan, demi mendongkrak popularitas, seo, visitor/pengunjung yang pada akhirnya di harapkan terjadi transaksi, maka judul tulisan ini juga saya sangkut pautkan pada link, tapi saya membuat dua istilah yaitu link offline dan link online
Link online adalah pengembangkan link / jaringan yang dibangun secara online, bisa dengan bertukar link alamat blog/web kita atau kita sebagai pemilik blog/web bergabung dengan toko online yang besar, bisa sebagai vendor (pemilik produk) yang “menitipkan” dagangannya pada prusahaan toko online yang besar, semisal clikbank,tokopedia,tokobagus dll, atau sebaliknya kita bergabung pada toko online besar (amazon) sebagai afiliaternya membantu memasarkan produknya, kesimpulannya membangun link/jaringan itu adalah sangat penting.
Link offline adalah istilah yang saya buat untuk menggambarkan bahwa membangun jaringan secara offline/kopdar/kopi darat/tatap muka dalam bentuk sebuah komunitas adalah juga sangat penting , keberadaannya dapat mengimbangi/menutupi kelemahan-kelamahan yang ada di dunia online/maya, komunitas dapat dibuat berdasarkan hobi,tempat tinggal,almamater dan sebagainya, yang jelas dalam satu area (sekabupaten) misalnya, ini saya anggap penting agar sesama anggota komunitas itu mudah untuk berkoordinasi, mungkin saat ini para pemain bisnis online punya pemikiran kalau sudah berbisnis online “seakan-akan tidak perlu orang lain selain konsumennya” padahal kalau kita berkaca pada amazon (sebuah perusahaan online besar) mereka saja butuh kita untuk menjadi afilasinya, artinya mereka butuh jaringan, butuh orang lain bahkan dengan jumlah yang banyak, dia tidak individualis, mungkin dalam segi kepemilikan modal mereka memang dalam jumlah kepemilikan yang terbatas tapi dalam mengembangkan pemasaran dia akan merangkuh orang sebanyak-banyaknya.jadi untuk mensukseskan pemasaran kita harus membentuk komunitas di dunia nyata dan membangun link di dunia maya.
Apa pentingnya membangun komunitas lokal?
a. Peningkatan sdm
Harus diakui dengan posisi kita sebagai Negara berkembang tentu masih harus banyak mengejar ketertinggalan dari Negara maju termasuk di bidang teknologi, salah satunya adalah penggunaan internet tepat guna sebagai contoh sejauh mana kita sudah menguasai fasilitas yang ada untuk bisnis online, dari mulai blog/web, jarring social (facebook/twiter) dll.dengan adanya komunitas,sdm membernya dapat ditingkatkan
b. produk local
dengan karakteristik Negara kita yang kepulauan, perbedaan bahasa, suku, dan hasil alam , sangat berpotensi besar memiliki produk local yang khas yang di tempat lain tidak ada, dalam komunitas ini bisa dipertemukan antara produsen/pengrajin dengan marketing online
c. Memperluas pemasaran
Saat ini pemanfaatan seo/halaman pertama pada mesin pencari masih kurang maksimal, karena orang Indonesia belum terbiasa mencari sesuatu di internet, saat ini baru pada tahapan pengenalan terhadap dunia maya yang mana peran ini sudah berhasil dijalankan oleh facebook, jejaring social yang satu ini berhasil memikat hati banyak masyarakat Indonesia untuk mulai berinternet ria, dan dengan perjalanan waktu, lambat laun masyarakat kita juga akan menggunakan mesin pencari,seperti kita ketahui bersama halaman satu hanya mampu menampung 10 alamat web/blog, mari kita bayangkan seandainya ada 50 web memperebutkan sebuah keyword, pasti hanya 10 buah alamat saja yang akan muncul, sisanya akan ada di halaman 2 dan seterusnya, disini peran komunitas dapat membuat terobosan dari kebuntuan memperebutkan posisi di halaman pertama, sehingga kita dapat tetap memasarkan produk kita walaupun tidak ada di halaman pertama mesin pencari
Link online adalah pengembangkan link / jaringan yang dibangun secara online, bisa dengan bertukar link alamat blog/web kita atau kita sebagai pemilik blog/web bergabung dengan toko online yang besar, bisa sebagai vendor (pemilik produk) yang “menitipkan” dagangannya pada prusahaan toko online yang besar, semisal clikbank,tokopedia,tokobagus dll, atau sebaliknya kita bergabung pada toko online besar (amazon) sebagai afiliaternya membantu memasarkan produknya, kesimpulannya membangun link/jaringan itu adalah sangat penting.
Link offline adalah istilah yang saya buat untuk menggambarkan bahwa membangun jaringan secara offline/kopdar/kopi darat/tatap muka dalam bentuk sebuah komunitas adalah juga sangat penting , keberadaannya dapat mengimbangi/menutupi kelemahan-kelamahan yang ada di dunia online/maya, komunitas dapat dibuat berdasarkan hobi,tempat tinggal,almamater dan sebagainya, yang jelas dalam satu area (sekabupaten) misalnya, ini saya anggap penting agar sesama anggota komunitas itu mudah untuk berkoordinasi, mungkin saat ini para pemain bisnis online punya pemikiran kalau sudah berbisnis online “seakan-akan tidak perlu orang lain selain konsumennya” padahal kalau kita berkaca pada amazon (sebuah perusahaan online besar) mereka saja butuh kita untuk menjadi afilasinya, artinya mereka butuh jaringan, butuh orang lain bahkan dengan jumlah yang banyak, dia tidak individualis, mungkin dalam segi kepemilikan modal mereka memang dalam jumlah kepemilikan yang terbatas tapi dalam mengembangkan pemasaran dia akan merangkuh orang sebanyak-banyaknya.jadi untuk mensukseskan pemasaran kita harus membentuk komunitas di dunia nyata dan membangun link di dunia maya.
Apa pentingnya membangun komunitas lokal?
a. Peningkatan sdm
Harus diakui dengan posisi kita sebagai Negara berkembang tentu masih harus banyak mengejar ketertinggalan dari Negara maju termasuk di bidang teknologi, salah satunya adalah penggunaan internet tepat guna sebagai contoh sejauh mana kita sudah menguasai fasilitas yang ada untuk bisnis online, dari mulai blog/web, jarring social (facebook/twiter) dll.dengan adanya komunitas,sdm membernya dapat ditingkatkan
b. produk local
dengan karakteristik Negara kita yang kepulauan, perbedaan bahasa, suku, dan hasil alam , sangat berpotensi besar memiliki produk local yang khas yang di tempat lain tidak ada, dalam komunitas ini bisa dipertemukan antara produsen/pengrajin dengan marketing online
c. Memperluas pemasaran
Keren
BalasHapusStrategi-bauranpemasaran.blogspot.com
Keren
BalasHapusStrategi-bauranpemasaran.blogspot.com