di ulas harian joglosemar











diulas harian joglosemar liputan tanggal 22 juni 2011
Bisnis Online Melalui Facebook
Oleh Nurul Khawari
Litbang DPD KNPI Solo
"Bagi kebanyakan orang, internet sama dengan Facebook", demikian status Facebook Bung Sadrah Deputi Secretary DPD KNPI Kota Solo. Status nya mengundang banyak komentar dari beberapa teman yang berjejaring dengannya. Statemen Bung Sadrah bukan sesuatu yang omong kosong. Sangat mungkin orang mengenal internet dimulai dari mengenal Facebook. Banyak situs jejaring sosial di dunia maya. Namun banyak pihak menyebut Facebook merupakan situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi dan meningkatkan pengguna internet.
Telphone genggam atau lebih akrab disebut HP telah menjadi barang kebutuhan utama. Hampir semua orang dari berbagai usia menggunakan alat komunikasi yang sadar atau tidak telah memicu banyak perubahan. Bahkan belakangan ini banyak HP dengan harga ekonomis ditawarkan namun memiliki kemampuan untuk mengakses internet terutama jejaring sosial. Keberadaan HP merupakan pintu terdekat untuk orang mulai mengenal internet meskipun sekedar membuka layanan jejaring sosial terutama Facebook.
Generasi muda saat ini lahir dan tumbuh dalam dalam era dimana internet bukan sesuatu yang sulit untuk dijumpai. Kebanyakan mereka adalah pengguna aktif internet untuk beragam keperluan yang menyangkut komunikasi dan informasi. Tentu saja jejaring sosial merupakan menu yang tidak akan terlewatkan untuk diakses. Terutama Facebook, menjadi situs jejaring sosial yang paling sering untuk diakses. Facebook telah menjadi semacam “candu baru”. Tak lengkap bila sehari tidak membuka Facebook. Menyapa temen, sekedar membaca status atau membuat status baru, mengirim pesan dan lain sebagainya biasa dilakukan melalui Facebook.Pada prinsipya ber-facebook merupakan aktivitas yang bisa dikatakan sebagai bentuk aktivitas ringan namun tidak terasa, aktivitas “main main” ini bisa menyita waktu berjam jam. Bila ini dilakukan tiap hari? Bisa dibayangkan berapa waktu produktif generasi muda yang terbuang sia sia. Sudah saatnya jejejaring sosial atau facebook dimanfaatkan untuk aktivitas yang lebih bermakna dan tidak sia sia..
Barangkali kita bisa belajar pada apa yang dilakukan Widi Anto, ditangganya, aktivitas “main main” jejaring sosial ini mampu menghasilkan uang. Hampir tiap saat dia mengases internet terutama facebook. Namun, pria kelahiran Jakarta ang sekarang menetap di Solo ini lebih sering memanfaatkan Facebook untuk melakukan berbagai transaksi dan bisnis atau biasa disebut bisnis online. Sejak dua tahun yang lalu Widi Anto mencoba bisnis online di sela sela kesibukan pekerjaan lainnya. Dia memiliki 30 blog yang berfungsi sebagai toko online. Salah satu blog yang berfungsi sebagai toko onlinenya adalah www.galikreatifitas-groups.blogspot.com. Facebook, menjadi lahan yang cukup produktif bagi dirinya, disamping tetap bisa melakukan pekerjaan lainnya. Dalam satu bulan tidak kurang 20 transaksi dia lakukan dengan konsumen yang berasal dari berbagai kota.
Bisnis oline saat ini mulai dikenal masyarakat dan kedepan akan memiliki prospek yang cukup cerah seiring semaki tingginya tingkat pemakaian internet. Bisnis online cocok dimanfaatkan terutama untuk memasarkan produk. Namun untuk melakukan bisnis online saat ini, Widi Anto lebih banyak menggunakan facebook-nya yang beralamat di http://facebook.com/widi.anto2 untuk melakukan komunikasi dengan relasi bisnis onlinenya. Dia menggunakan Facebook untuk membangun kepercayaan dengan calon konsumen. Karena kepercayaan ini merupakan modal utama dalam bisnis online.
Sebagaimana kita ketahui, dalam bisnis biasa dilakukan pembicaraan informal, baru kemudian dilakukan pembicaraan bisnis. Menurutnya facebook dia ibaratkan sebagai perkumpulan arisan atau pembicaraan di pos ronda yang sifatnya serba ringan dan informal. Setelah beriteraksi dan terbangun kepercayaan, baru kemudian penawaran produk kepada calon konsumen dilakukan. Transaksi juga lebih mudah dilakukan melalui facebook. Karena karakter konsumen kita lebih suka disodori produk, baru kemudian melakukan transaksi. Sejauh ini, Facebook memungkinkan untuk mengambil peran peran tersebut.
Menurutnya, facebook merupakan sarana paling murah dan mudah untuk menjaring konsumen di toko onlinenya. Secara umum, konsumen dalam bisnis online belum terbiasa untuk mencari produk berangkat dari blog atau web komersial yang bermakna sebagai out let. Barangkali karena bisnis online di Indonesia merupakan trand baru dalam berusaha, sehingga untuk keperluan bisnis belum terbiasa menggunakan blog atau web komersial. Penggunaan bisnis online lebih cenderung memanfaatkan facebook daripada blog.
Kalaupun calon konsumen membuka situs yang digunakan untuk memajang produk. Konsumen akan tetap berkecenderungan untuk melacak pemilik situs di jejaring sosial facebook. Calon konsumen lebih merasa nyaman untuk melakukan transaksi setelah mengetahui karakter pengelola situs bisnis online dengan memperhatikan pola interaksi melalui facebook. Setelah terbangun kepercayaan, baru transaski mulai dilakukan. Facebook menjadi solusi bagi calon konsumen untuk mencari rasa aman dalam bertransaksi.
Memanfaatkan jejaring sosial semacam facebook untuk aktivitas yang lebih produktif sangat penting untuk dilakukan. Dengan demikian facebook akan bermakna positif dan mendukung gaya hidup berinernet sehat dan produktif dikalangan pemuda kita. Pada prinsipnya jangan sampai Facebook atau jejaring sosial lainnya merampok waktu produktif yang dimiliki oleh generasi muda kita.
disalin dari www.harianjoglosemar.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

hal penting memulai usaha bagi pemula