blog dan Nazaruddin

satu minggu ini publik di heboh blog dan nazaruddin, testimoni nazaruddin ini (yang belum jelas kebenarannya) ramai di bicarakan, disini saya tidak akan membahas kasusnya (karena saya awam akan permasalahannya) tapi yang menarik adalah banyak sekali yang dapat kita pelajari dari hebohnya blog nazaruddin ini yang dapat kita manfaatkan untuk perkembangan bisnis online kita atau bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis dari rumah.
Blog Nazaruddin ini telah membuktikan pada kita dengan segala keterbatasan fasilitas yang ada pada blog (bila dibandingkan dengan web hasil web develop) masih bisa menunjukkan "gigi" dan berkata "hey men, aku ada dan mampu mengguncangkan perpolitikan di negeri ini" yang penting adalah content dan media penyebarannya (promosinya)
Jadi kalau kita mau memanfaat blog untuk bisnis juga harus memperhatikan content dan media penyebarannya, didalam content yang harus kita perhatikan adalah cara penyampaian informasi yang jelas tentang produk yang kita tawarkan termasuk harga yang menarik, sistem discount / bonus, sistem pembayaran dan pengiriman dll juga perlu kita lampirankan gambar/video dari produk yang kita tawarkan.
untuk media penyebarannya  (promosinya), kita dapat menggunakan fasilitas yang sudah tersedia di internet dan sudah terbukti kehandalannya, blog,facebook,twitter, youtube adalah 4 besar yang sudah banyak mengangkat berita/kasus/perorangan/usaha menjadi terkenal, kita ingat " koin untuk prita,koin cinta Bilqis, si "keong racun" sinta jojo, "udin sedunia" atau "chaiya-chaiya" briptu norman camaru dan semua fasilitas yang ada diinternet itu adalah gratis!
fasilitas -fasilitas gratis di internet ini akan lebih memiliki efek lompatan yang sangat besar bila berkolaborasi dengan media massa lainnya , baik media visual maupun media cetak, bila memakai istilah politik "buttom up dan top down" dalam industri media juga mengenal hal itu, bila waktu lalu sebuah media masa akan menyebar kontributor medianya untuk mencari berita yang akan diliput sampai kepelosok desa (bersifat top down/dari atas ke bawah/intruksi dari redaksi ke wartawannya) saat ini ada fenomena "buttom up" mass media bisa memantau isu-isu apa yang saat ini sedang "in" dimasyarakat lewat jaring sosial, twitter,facebook,youtube dari situ bisa dijadikan rujukan untuk diliput / bahan berita dan cara ini lebih besar potensinya untuk menjadi headline dalam berita.
Melihat perkembangan media massa seperti ini makin membuka peluang seseorang atau sebuah produk/usaha untuk mudah di kenal / tenar,nama-nama yang di sebutkan diatas adalah mereka yang menjadi terkenal dari fenomena buttom up ini, andapun bisa meniru untuk mengembangkan usaha anda, saya punya teman yang buka usaha kaos berkarakter khas solo, belum sampai satu tahun sudah diliput oleh sebuah majalah tingkat nasional, sebuah fasilitas promo yang gratis dan efek yang sangat luas bukan ?
ayo mulai untuk bisnis online, bisnis dari rumah, buat suatu yang baru/unik/fungsional, gunakan fasilitas promosi gratis di internet ini siapa tahu media lain akan ikut meliput membantu anda dalam berpromosi sehingga anda makin dikenal baik didunia nyata maupun dunia maya , selamat berjuang dan tetap semangat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati