bisnis lokal berwawasan global

di era globalisasi yang ditandai dengan penetrasi pasar yang begitu luas dan cepat bisa bisa dilihat dari perkembangan media komunikasi (televisi,telepon/hp,internet, dll), menuntut kita untuk cepat beradaptasi melihat peluang yang lahir dari perubahan besar ini.
dalam dunia bisnis akan menjadi bijak bila menyikapi perkembangan ini dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung perkembangan bisnisnya, dan luas area pemasarannyapun dapat kita tentukan sesuai keinginan/kemampuan kita, walaupun kemampuan penetrasi pasar .pengguna akses internet begitu luas, kita dapat melokalisir area pemasaran produk/jasa kita.
sebagai ilustrasi, bila anda pemilik sebuah usaha,penjualan computer,bakso,tahu petis, kupat tahu, ketoprak di sebuah kecamatan dan anda ingin memberikan service sistem antar (delevery) sebatas kecamatan anda, maka bisa saja dari mulai kata kunci,sekaligus sebagai penjelasan di blog/web anda memfokuskan wilayah /area kerja anda sehingga bila ada yang  mencari produk/jasa anda diwilayah tersebut akan ketemu dengan situs anda,jadi anda bisa memberi nama blog anda "toko komputer hadi jaya di jatinegara jakarta timur" (jatinegara = sebuah kecamatan di jakarta timur).
ada kencendrungan konsumen juga akan mencari produk/jasa yang ada disekitarnya yang terdekat (dilokalisir) karena ingin praktis, hal ini pun sudah diterapkan oleh google di negaranya,sehingga mereka bisa menempatkan iklan sesuai tempat tinggal yang melihat iklan dan iklan yang ditawarkan juga dari perusahaan/toko diwilayah itu (konsumen dan pemasang iklan dipetakan dalam wilayah yang sama/lokasi keduanya menjadi saling dekat),disini kita menerapkan "bisnis lokal berwawasan global"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati