anda tidak sendiri

Benar ! anda tidak sendiri.. kalimat ini sering dpakai saat orang sedang susah menanggung beban atau sedang senang ( hampir lupa diri), pesan yang mau disampaikan adalah "hey.... jangan besedih/jangan lupa diri bahwa ada orang disekitarmu, yang dapat mendengar keluh kesahmu atau janganlah kesenanganmu mengganggu orang lain".
Dalam bisnis online pun juga harus mengingat kalimat ini, karena sesungguhnya yang berbisnis online juga bukan hanya kita seorang,banyak juga yang berbisnis online dengan jenis usaha yang beragam, sebenarnya bentuk kebersamaan didunia online sudah ada, dengan program pertukaran link, blogwalking, bayar iklan (ppc/adsense/adword) dll.
tapi yang mungkin dirasa kurang adalah kebersamaan yang tidak semata dialam maya, tapi juga dialam nyata (kopdar), minimal ini bisa dilakukan di setiap daerah/kabupaten, mengapa ini dirasa penting ? mungkin ini adalah beberapa alasan yang dapat dijadikan pertimbangan:

  1. di Indonesia saat ini seiring pertambahan pengguna internet adalah tumbuhnya semangat untuk berbisnis online ( walaupun persentasenya sangat kecil dibanding pengguna internet untuk kesenangan semata), karena ini merupakan hal baru bagi mereka sehingga kemampuan sdmnya masih jauh dibanding penggunaan internet untuk bisnis di negara maju, tentu ini butuh penangan khusus.
  2. secara geografis negara kita adalah negara kepulauan , dengan karakteristik/produk lokal yang sangat beragam, mengapa ini tidak dikelola secara bersama ?(semangat koperasi) agar memiliki daya lesat yang tinggi.
  3. dibentuk sebuah komunitas di sebuah daerah memungkinkan terjadinya hubungan simbiosis mutualisme / hubungan saling menguntungkan /saling membantu menjualkan produk masing-masing, sebagai contoh untuk sebuah kabupaten membawahi 50 desa padahal 20 desa diantaranya adalah penghasil bermacam-2 produk ( biasanya homogen/ satu desa dengan satu ciri khas produk) , bila komunitas ini terbentuk, anda bisa banyangkan potensi transaksi yang akan terjadi, apa lagi bila ini adalah komunitas bisnis online? maka pemasaran produk 20 desa ini akan meluas ke desa lain bahkan ke kota/propinsi lain atau negara (eksport)
jadi memang benar, anda tidak sendiri, karena dalam bisnis online pun kita mengenal pertukaran link, blogging, pasang iklan,ppc,adsense/adword dll, di dunia nyata kita mengenal kopdar (pertemuan rutin) , alangkah indahnya semua upaya ini dilakukan, demi kebaikan bersama.bagaimana menurut anda?....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati