strategi sukses bisnis dari rumah

kali ini kita akan membahas strategi sukses bisnis dari rumah khususnya yang memilih jenis usaha afiliasi (bahasa umumnya :makelar) menjualkan barang/produk orang lain, mengapa ini saya angkat, karena jenis usaha inilah yang paling mungkin dilakukan oleh para pemula pemain bisnis, termasuk yang melakukan praktek bisnisnya di rumah.
banyak pemain pemula memilih ini karena biasanya mereka belum punya produk untuk dipasarkan, atau belum memiliki modal atau belum berani menanggung resiko rugi dalam berbisnis, afiliasi/makelar adalah pilihan bisnis yang aman bagi mereka, dan itu tidak bisa dianggap salah.
bagi yang sudah bergabung di amazon pasti sudah mengenal istilah best selling (penjualan terbanyak), sebuah fasilitas yang di sediakan oleh amazon yang bisa digunakan oleh member/afiliasi untuk mengetahui produk mana yang trend/laris terjual dan para afiliate bisa ikut menjualkan juga.
lalu bagaimana yang menjadi afiliasi/makelar bagi produk-produk lokal/temannya/tetangganya yang akan coba dijualkan oleh para pemain pemula bisnis dari rumah ini agar dapat menerapkan hal yang sama, mengingat fasilitas best selling tentu tidak disediakan oleh para produsen/pengrajin, ada 2 tips sederhana yang dapat kita lakukan

1. trial and error
disini yang kita gunakan adalah insting/perasaan kita, seandainya kita melihat ada sebuah produk dan kita "tertarik" pada produk itu, berarti kita "menyamaratakan" perasaan/rasa ketertarikan kita pada orang lain, istilahnya " kalau saya senang produk ini berarti orang lain juga akan senang" dengan cara pandang ini kita mulai memasarkan baik online/offline dan lihatlah apa yang terjadi.....

2. memilih produk terlaris / best selling
caranya cukup sederhana, kita bisa temui produsen/pengrajinnya dan bisa kita tanyakankan beberapa hal sebagai berikut :

a. berapa banyak kapasitas produksinya perbulan?
mengetahui kapasitas produksi sangatlah penting, sama saja dengan mengetahui potensi penjualan yang dapat dilakukan dalam sebulan dan juga menjamin kesediaan stock barang

b. berapa banyak transaksi penjualannya perbulan?
mengetahui rata-rata penjualan sama saja kita sudah mengetahui potensi penjualan / nilai lebih / tingkat kebutuhan konsumen pada jenis produk tersebut, semakin tinggi jumlah transaksi penjualan semakin besar kemungkinan peluang transaksi yang akan kita dapatkan (istilahnya best selling pada amazon)

c. apakah sudah dipasarkan secara online apa belum?
dan bila produk ini masih dipasarkan secara lokal/offline berarti kita punya peluang besar untuk memasarkan secara online, kita hanya cukup meng-online-kan produk yang sudah teruji dipasaran lokal
bagaimana ? sangat menarik bukan bisnis dari rumah ?, anda mau?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati