facebook vs seo

Dengan pemahaman yang masih sangat dangkal, saya mencoba memberikan analisa yang mungkin sekali kebenarannya untuk diperdebatkan tapi paling tidak analisa ini bisa dimanfaatkan bagi teman-teman yang mau bisnis dari rumah
a. facebook
sebuah jaring sosial yang fenomenal dari mulai urusan dapur, profesi,gaya hidup, nostalgia, bisnis sampai politik bisa masuk didalamanya, kita tahu pergolakan politik di tunisia merembet ke mesir, yordania, yaman juga di "tuding" ulah dari facebook yang begitu mudahnya menyebarkan informasi ke negara lain.
lepas dari masalah itu, saya pribadi menilai facebook (dalam kaitan bisnis online) mirip seperti komunitas "arisan ibu-ibu", bisa kita bayangkan bila ada araisan ibu-ibu terkadang dari peserta atau ada tamu khusus yang membawa barang dagangan dan presentasi/promosi kepada ibu-2 yang lain, dari mulai sandal, pakaian,peralatan dapur bahkan sampai perhiasan, mungkin saja ibu-2 peserta itu berangkat dari rumah hanya sekedar untuk arisan akhirnya "tertarik" untuk membeli, tiada niatan dari awal (interest), artinya "memang facebook sangat cocok untuk menawarkan produk-2 yang movement , cepat berubah, modis/mode, maka dari itu sudah banyak yang membuktikan bisnis menggunakan facebook sangat mengena untuk menjual baju/batik, dari mulai puluhan sampai ratusan transaksi bisa terjadi dalam satu hari dari satu account facebook saja.
b. seo (search engine optimization)
mengoptimalkan mesin pencari, mungkin untuk lebih sederhananya adalah " bagimana web/blog kita akan berada di halaman pertama mesin pencari bila ada orang yang menulis satu atau dua kata yang ada hubungan dengan web/blog anda (yang lebih dikenal sebagai keyword)" sebagai contoh nama blog anda adalah" jual biola murah", maka begitu ada orang yang menulis jual biola murah pada mesin pencari maka blog anda akan ada di halaman pertama,bagi pengguna internet di negara maju, penggunaan mesin pencari sudahlah biasa,terutama untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi atau produk tertentu, sehingga posisi web/blog mereka dihalaman satu sangatlah menentukan maju mundurnya bisnis mereka,terutama dalam upaya meningkatkan pemasaran produk/jasa mereka.
kesimpulan
kalau facebook diistilahkan seperti "komunitas arisan ibu-ibu" maka berarti kedekatan sesama anggota komunitas ini sangat intens sehingga bisa diarahkan menjadi pelanggan yang royal tetapi posisinya tidak bisa mengimbangi mesin pencari, sedangkan mesin pencari sendiri bisa diistilahkan sebagai "pasar" yang menyediakan segala macam informasi atau produk yang membuka peluang bagi siapa saja untuk bertransaksi lewat jalur ini, melihat sisi positif dan negatifnya, maka sangatlah bijaksana bila kita bisa menguasai 2 hal ini, dengan kelebihan facebook, bisa mempercepat terjadinya transaksi jangka pendek, dengan ini diharapkan anda cepat mendapat transaksi dan web kita untuk jangka panjang memposisikan web kita dihalaman utama adalah sama dengan membangun bangunan (toko) yang strategis,sehingga memudahkan bagi siapa yang membutuhkannya, mengapa ini saya tekankan karena kedepan facebook tidak akan sanggup memenuhi kebutuhan orang akan informasi atau produk tetap mesin pencarilah tempatnya, sama halnya bila ada seorang peserta arisan yang membutuhkan barang model A , apakah pedagang yang ada di komunitas itu dapat memberikan solusi saat itu juga? ...menurut anda...?

Komentar

Posting Komentar

poskan komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

hal penting memulai usaha bagi pemula