resolusi juara 2012 : sosialisasi bisnis online
tahun 2012 adalah masa dimana saya akan lebih memperkenalkan bisnis oline pada masyarakat luas terutama pemula dengan impian akan mencetak 100 orang internet marketing di setiap kabupaten dan itu dimulai dari lingkungan terdekat , hal ini saya rasa sangat penting karena secara internal dari pengalaman saya pribadi dalam berbisnis online yang dengan segala terbatasan baik di bidang keuangan, kemampuan bahasa asing serta kemampuan teknis informatika/IT ternyata juga bisa berbisnis secara online dan hal ini yang membuat saya bersemangat mengajak orang lain untuk meniru jejak saya, ternyata berbisnis online, menjadi internet marketing tidaklah sulit. Salah satu karakter dari internet marketing adalah menjual produknya sendiri atau produk orang lain sehingga di harapkan bila di setiap kabupaten lahir para internet marketing mereka akan menjual produk-produk lokal sevara online, baik produk sendiri maupun orang lain, dapat kita hitung bila Seorang internet marketing dapat mejual produk dari 3 supplier/pengrajin, akan banyak sekali potensi produk-produk lokal untuk terserap dipasaran yang lebih luas.
Secara eksternal ada beberapa hal yang menjadi alasan kuat kenapa internet marketing ini harus di sosialisasikan :
- Secara geografi Negara kita adalah kepulauan tentu menjadi tantangan dalam dunia usaha bagaimana mempromosikan usaha mereka secara luas baik nasional maupun global dengan biaya yang murah (efisien) dan tepat sasaran (efektif) atau kemampuan mengakses informasi, mengembangkan jaringan bisnisnya , maka internet adalah jawabannya
- Jumlah penduduk Indonesia adalah 5 besar tentu menjadi pangsa pasar yang potensial didunia
- Sedangkan kekayaan alam dan budayanya sangat beragam tentu memiliki nilai jual yang tinggi
Sehingga bila segala potensi ini di kelola secara baik tentu akan berdampak positif pada pemerataan informasi dan ekonomi di seluruh wilayah di Negara ini dan bahkan dapat menekan arus urbanisasi terutama ke ibu kota yang akhirnya dapat mengurai permasalahan sosial yang ada (kepadatan penduduk,kemacetan,kemiskinan,kesehatan dll)
Impian saya ini sudah mendekati kenyataan karena sudah banyak pihak yang juga memiliki semangat yang sama dan bergerak pada domain masing-masing, sebagai contoh pemerintah /menkoinfo memiliki program MPLIK dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan akses internet sampai tingkat kecamatan di seluruh Indonesia atau para proveder yang berlomba untuk memberikan tariff internet murah bagi masyarakat lewat program promo tentu salah satunya adalah speedy .
Tinggal saat ini peran aktif dar masyarakat terutama yang sudah melek internet untuk mensosialisasikan kepada yang lain bagaimana cara menggunakan internet yang sehat, yang efektif sehingga memberikan dampak positif salah satunya dengan memperkenalkan bisnis online, peran para komunitas online sangat diharapkan dan saya bersyukur karena berasama dengan teman-teman sudah membentuk komunitas yang kami namakan FORBIS sebagai wadah bersatunya para pemain bisnis online, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman agar terjadi pemerataan sdm dan membantu pemasaran produk membernya akhirnya ini menjadi amal jamaah (kegiatan bersama) bukan perjuangan saya semata, semoga mimpi menjadi kenyataan, amin
Komentar
Posting Komentar
poskan komentar