teori ruang dan waktu

teori ruang dan waktu, dalam hidup kita dibatasi oleh dua hal tersebut, demikian pula dalam bisnis tetapi dalam batasan ruang dan waktu itu pulalah ada peluang bisnis, hanya butuh kecermatan dalam mengelolanya

1. teori ruang (tempat)
perbedaan tempat/lokasi akan membuka peluang bisnis, karena di suatu tempat akan menjadi resource/sumber/produsen/penyedia bahan baku atau tenaga kerja sedangkan di tempat lain menjadi konsumen/pengguna tenaga kerja, tinggal kita mencermati diri/lingkungan kita , kalau diri kita/lingkungan kita masuk pada katagori resource/penyedia, tinggal pertanyaannya mau di pasarkan kemana nilai lebih kita ini?
perbedaan tempat juga memungkinkan untuk terjadinya perbedaan budaya, musim dan lain-lain, ini juga bila di cermati akan membuka peluang bisnis yang tidak bisa dianggap sepele, contoh di pulau jawa ada beberapa macam wayang, sedangkan di luar negeri sana hal itu tidak ada, maka kita bisa saja menawarkan produk wayang kulit kesana,sebaliknya, sudah banyak makanan manca negara yang msuk ke indonesia, pizza, burger dll, itulah beberapa produk yang bisa digambarkan,

2. teori waktu
teori waktu/saat adalah suatu produk akan tinggi nilainya bila disaat (waktu) itu memang sedang dibutuhkan, contoh saat hujan maka jas hujan akan laris manis, atau jual kolak saat puasa, jual alat tulis saat memasuki tahun ajaran baru dan seterusnya,tinggal kita evaluasi apa yang di butukan saat ini di lingkungan kita atau sebaliknya apa yang di butuhkan saat ini di suatu tempat dan kita dapat memenuhi kebutuhan itu
bagaimana teori ruang dan waktu menurut anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

hubungan antara product knowledge dan seo

Pentingnya survey/riset/penelitian bagi bisnis kita

bukti #IndonesiaMakinDigital : Nama Telkom sudah melekat di hati